Tuesday, January 29, 2013

bagaimana cara memulai bisnis di bidang saham?

Q.

A. Pertanyaan anda rancu. Apakah anda ingin berinvestasi di bursa saham? Atau anda ingin terjun ke sisi bisnis dair bursa saham?

Keduanya berbeda, baik dari segi konsep maupun penerapan.

Jika anda hanya ingin berinvestasi di bursa saham, maka beberapa jawaban teman-teman diatas sudah cukup baik dan memadai.

Namun jika anda ingin terjun ke sisi bisnis di bidang bursa saham, berarti status anda adalah sebagai penyedia jasa (bukan investor di bursa saham).

Ada banyak sisi bisnis untuk menjadi penyedia jasa di bidang saham, misalnya: Perantara Pedagang Efek (baca: Pialang Saham), Penyedia market news/info/rumor bagi para investor, Agen Penjual Reksadana, dll.

Jadi, mana yang sebenarnya anda tanyakan? Ingin berinvestasi di bursa saham? Atau menjalankan bisnis sebagai penyedia jasa di bidang saham?

Apa beda DJIA, NYSE, dan Nasdaq?
Q.

A. NYSE
Bursa Saham New York (NYSE) adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Ia terletak di New York City, New York, AS.

Sekitar 2.800 perusahaan mencatatkan sahamnya di NYSE. Harga saham-saham di NYSE mencapai US$15 triliun dalam kapitalisasi pasar global. Hingga Juli 2004, seluruh dari 30 perusahaan di Dow Jones Industrial Average dicatat juga di NYSE, kecuali Intel and Microsoft.

Nasdaq
NASDAQ, aslinya sebuah singkatan untuk National Association of Securities Dealers Automated Quotations, adalah sebuah bursa saham yang dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers. Ketika memulai perdagangan pada 8 Februari 1971, NASDAQ merupakan bursa saham elektronik pertama di dunia.

Sejak 1999, ia adalah bursa saham terbesar di Amerika dengan lebih dari setengah jumlah perusahaan yang diperdagangkan di AS dicatat di sini. NASDAQ terdiri dari NASDAQ National Market dan NASDAQ SmallCap Market. Bursa utamanya terletak di Amerika Serikat, dengan cabang di Kanada dan Jepang. NASDAQ juga mempunyai asosiasi dengan bursa saham di Hong Kong dan Eropa.

Pada 17 Juli 1995 NASDAQ ditutup pada level di atas 1.000 poin untuk pertama kalinya. Puncaknya terjadi pada 10 Maret 2000, di mana indeks mencapai 5048,62 poin.

NASDAQ ditutup dari 11 hingga 14 September 2001 akibat terjadinya Serangan Teroris 11 September 2001.

DJIA
The Dow Jones Industrial Average (NYSE: DJI, also called the DJIA, Dow 30, INDP, or informally the Dow Jones or The Dow) is one of several stock market indices, created by nineteenth-century Wall Street Journal editor and Dow Jones & Company co-founder Charles Dow. Dow compiled the index to gauge the performance of the industrial sector of the American stock market. It is the second-oldest U.S. market index, after the Dow Jones Transportation Average, which Dow also created.

Semoga membantu !

apa yang dimaksud index bursa saham? dan bagaimana system kerja minitoring bursa saham yang berubah per detik?
Q. saham setiap detik dapat berubah, bagaimana system monitoringnya yang selalu up to date, dan apa sih saham itu, khususnya yang diperdagangkan di bursa oleh broker broker saham?

A. Bursa saham, prinsipnya sama aja dengan jual beli barang, yaitu beli pada saat harganya murah, lalu jual pada saat harganya naik. Selisih harganya itulah keuntungan kita. Keuntungan yang seperti itu disebut capital gain.
Langkah pertama membeli saham, harus membuka account di sebuah perusahaan sekuritas, perusahaan ini nantinya akan berperan sebagai broker , nanti setelah punya account, kalo mau beli, kita tinggal bilang sama broker
yg melayani ternsaksi² kita selanjutnya.

Motif lain membeli saham adalah untuk ikut memiliki suatu perusahaan tertentu, nantinya selain dapet keuntungan dari capital gain dia juga bisa ikut dapet bagian dari keuntungan operasional perusahaan tersebut , juga bisa ikut menentukan kebijakan perusahaan dalam rapat umum pemegang saham.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment