Thursday, January 10, 2013

apa faktor-faktor penyebab deflasi?

Q. hal apa saja yang memengaruhi terjadinya deflasi?jelaskan dampak-dampak deflasi secara rinci?sumber-sumber deflasi dari mana?pengertian deflasi secara rinci?

A. "Deflasi Atau Disinflation (kebalikan dari inflasi) adalah kondisi dimana harga-harga secara umum jatuh sedangkan nilai uang bertambah.Terjadinya deflasi karena kurangnya jumlah uang yang beredar. bisa disebabkan oleh tingginya tingkat suku bunga, sehingga orang lebih senang untuk menabung atau mendepositokan uangnya, untuk menanggulangi deflasi dapat dilakukan dengan menurunkan tingkat suku bunga.
Dampak deflasi antara lain adalah :
- dapat menekan tingkat pendapatan yang selanjutnya dapat menyeret ke resesi global,(resesi dunia)
- menyebabkan para pengusaha kesulitan membayar utangnya (kredit macet)
- perusahaan-perusahaan akan cenderung melakukan penghematan, antara lain dengan pemutusan hubungan kerja karyawannya (lay-off)
sehingga meningkatkan jumlah pengangguran.
Hal-hal yang mempengaruhi antara lain :
-Apresiasi thd mata uang yg memacu tingginya biaya hidup dan ongkos produksi, sehingga harga barang dan jasa kehilangan daya saing
- Relokasi industri secara besar2 an yg memacu tingginya tingkat pengangguran
- Tingkat kepercayaan thd perekonomian merosot yg ditandai dgn jatuhnya nilai saham

apa itu devlasi? please help me...?
Q.

A. deflasi adalah kondisi dimana jumlah uang beredar lebih sedikit dari jumlah barang/jasa yang beredar. hal ini akan mengakibatkan Purchase Power Of Parity uang naik sehingga harga barang/jasa cenderung turun.

pada kurva IS/LM dapat digambarkan bahwa permintaan aggregat lebih rendah dari penawaran aggregat. hal ini sangat berbahaya dan menyebabkan kegiatan ekonomi melemah. kenapa? karena perusahaan2 yang menyediakan barang dan jasa harus mendapatkan modal dengan cost-of-capital yang tinggi sementara keuntungan yang didapat menjadi kecil karena barang dan jasanya dinilai rendah (asumsi ekonomi makro). Kejadian Kompleks yang terjadi adalah terjadinya peristiwa The Great Depression pada tahun 1930.

Deflasi -> Angka Pengangguran naik -> Inflasi -> resesi

Hal ini pernah terjadi di negera:
1. Inggris tahun 1921
2. Amerika tahun 1836
3. Hongkong tahun1997
4. Jepang tahun 1990 s.d. sekarang
5. Irlandia tahun 2009

untuk menghadapi deflasi biasanya ada beberapa cara yaitu:
1. Kebijakan dalam negeri pemerintah
a. Kebijakan Fiskal Ekspansif. meningkatakan pengeluaran pemerintah
b. Kebijakan Moneter, pengurangan kebijakan selective kredit

2. Kebijakan Luar Negeri Pemerintah
Meningkatkan ekspor. namun hal ini bukan menyelesaikan masalah tetapi justru mengalihkan masalah ke negara lain sehingga negara lain tersebut menjadi lebih miskin. kenapa, karena uang hasil ekspor itu akan dikembalikan ke negara pengimpor dalam bentuk hutang dan hutang tersebut digunakan untuk konsumsi lagi.

untuk lebih jelasnya anda bisa baca di
http://en.wikipedia.org/wiki/Deflation_(economics)

Jumlah uang yang beredar meningkatkan inflasi?
Q. saya ada pr ni,pertanyaanya seperti yang diatas:.'mengapa semakin banyak uang yang beredar dimasyarakat malah bisa menimbulkan inflasi,bukanya malah jadi makmur?'tolong ya..jawaban paling bagus saya kasih bintang lima.
Mkasih

A. inflasi dan deflasi disebut nilai riil atau nilai internal(kemampuan uang untuk ditukar dgn barang/jasa).Ingat saja rumusannya;1.Jumlah uang yang beredar banyak,harga barang/jasa tinggi,maka nilai uang turun,terjdlah inflasi.Kebijakan pemerintah bila terjadi inflasi adalah politik diskonto dgn menaikkan tingkat suku bunga,operasi pasar terbuka dengan penjualan surat berharga,cadangan wajib dengan menaikkan cadangan kas.2.Jika jmlh uang yg beredar sedikit, harga barang/jasa murah,nilai uang turun maka terjadi deflasi.Kebijakan pemerintah bila terjd deflasi kebalikan dr inflasi.Makanya pemerintah mempunyai kebijakan moneter yaitu menjaga kestabilan nilai uang




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment