Wednesday, February 20, 2013

Rekan2 semua ada yg bermain di bursa efek jakarta?

Q. Buat rekan2 yg tau cara bermain di BEJ tlg kasih tau gimana caranya
& keahlian apa yg di butuhkan serta modal awal minimal berapa
Denger2 di nagara maju sana banyak pendeta/pastur yg bermain saham sehingga mereka maju2 & katanya di indonesia masih sedikit kiyai/ulama yg main saham

A. Saya juga masih dalam tahap belajar di bursa saham di amerika, namun intinya mungkin sama dengan di BEJ.
Ini adalah pengalaman saya, hal dasar... anda harus punya dana yang boleh dibilang 'siap untuk hilang'..alias jika uang itu hilang anda sanggup menerimanya, jadi pastikan dana itu adalah dana yang tidak terpakai yang ingin anda investasikan, jangan sampai anda menjual aset kebutuhan primer anda untuk dibeliin saham karena permainan saham sangat flukuatif sekali.
Seorang bisa mendadak kaya raya karena saham karena bisa melipatgandakan asetnya dalam tempo singkat. Contoh, bbrp minggu lalu pada saat Citibank hampir kolaps, harga sempat turun dikisaran $2 per saham (dari $30 tertinggi yang pernah dicatat dalam setahun), besoknya pemerintah amerika memberi bantuan dana bailout dan orang berbalik memburunya hingga harga naik sampai $8 persaham, so, dalam waktu 2-3 hari bisa naik hingga 300% (bandingan dengan bunga bank yg hanya 3-5%setahun).... namun, ada pula orang terjun dari lantai 30 karena orang tsb memidahkan seluruh asetnya dengan membeli saham perush A dan besoknya tiba-tiba perusahaan tersebut mengumumkan bangkrut.
Intinya, anda harus paham kapan saat membeli dan kapan saat menjual, tau kapan membeli pada saat harga rendah, dan tau kapan menjual pada saat harga bagus.
Anda harus tau saham dari perusahaan apa yang ingin anda beli, saham apa yang sedang nge-trend, industri apa yang sedang ngetrend, mengerti bagaimana kinerja perusahaan tersebut, laba-ruginya, mengerti keadaan pasar secara global, mengerti keadaan perekonomian juga. Anda bisa mempelajarinya dengan melihat2 website di internet, membeli buku2 mengenai pasar modal, dan mengikuti perkembangan berita. Ada website yang menyediakan situs dimana anda bisa berlatih bermain saham, hanya merupakan games saja namun bagus untuk berlatih, semakin lama berlatih insting akan bagus.
Ingatlah untuk membeli saham yang harganya sedang hancur, bukan membeli saham dari perusahaan yang hancur.
Kesabaran juga diperlukan dalam bermain saham, sabar menunggu harga naik, dan tidak panik pada saat harga turun, tidak terburu-buru menjual, tidak terburu-buru membeli, tetapi tidak telat membeli dan tidak telat menjual, tidak serakah pula.
Pengalaman saya belajar main saham seperti ada seninya, saya mengalami kalah, menang, telat menjual, telat membeli, namun saya anggap sebagai pengalaman saya dan itu ternyata cukup menarik. Good luck.

Bagaimana Indonesia menghadapi isu krisis Ekonomi dunia?
Q.

A. 1. Menutup Bursa Saham -walaupun hanya berapa hari.
2. Menaikan jaminan pada bank untuk uang deposito.nasabah.
3. Mencari pasaran export barang Indonesia ke negara lain-lain.
4. Menaikkan nilai tukar Dollar thd Rupiah .
5. Meningkatkan hasil perpajakan dan bea cukai..
6. Melakukan penghematan untuk biaya-biaya yang kurang penting.

Begitulah kurang lebih Indonesia hadapi Krisis Ekonomi Dunia.

apa untungnya bagi perusahaan yang sahamnya ikut masuk bursa saham?
Q.

A. Keuntungan perusahaan yang ikut masuk kedalam bursa saham adalah:
1. sumber dana bagi perusahaan.
2. biaya modal lebih kecil dibandingkan melakukan pinjaman kepada bank atau mengeluarkan obligasi karena perlu membayar bunga pinjaman sedangkan saham tidak perlu.
3. dengan masuk bursa perusahaan dapat mengetahui nilai pasar dari perusahaannya sendiri.
4. kredibilitas perusahaan akan lebih baik karena perusahaan yang listing ke bursa saham harus mengikuti peraturan yang ketat sehingga mendapatkan kepercayaan dari investor.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment